Langsung ke konten utama

2.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Modul 2.1

 

  1. Bagaimana saya dapat melakukan praktik pembelajaran berdiferensiasi secara lebih efektif?Dengan cara mengubah pembelajaran yang selama ini saya terapkan yaitu dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan kebutuhan siswa, saya akan melakukan  pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan tiga aspek, yaitu: kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar murid (bisa dilakukan melalui wawancara, observasi, atau survey menggunakan angket, dll. Merencanakan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil pemetaan (memberikan berbagai pilihan baik dari strategi, materi, maupun cara belajar).  Mengevaluasi dan erefleksi pembelajaran yang sudah berlangsung.
  2. Pendekatan manakah yang seharusnya saya ubahsuaikan? pendekatan yang harus saya ubahsuaikan adalah pendekatan pembelajaran berdisferensiasi yang berpihak pada murid seperti deferensiasi konten, proses dan produk dan harapkan bisa tercapai hasil yang optimal
  3. Bagaimana saya tetap dapat bersikap positif walaupun banyak tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini? saya tetap berfikir positif walaupun sebenarnya ada kekhawatiran atau kendala yang mungkin nantinya saya hadapi, tetapi saya optimis setiap tantangan akan ada solusi terbaiknya. kita selaku seorang pendidik harus bisa memberikan pelayanan terbaik pada setiap siswa. saya akan mulai dari diri sendiri yang tadinya mengajar dengan teknik  yang sama pada semua murid mengubahnya dengan pembelajaran berdiferensiasi saya harus bisa mandiri terkait model pembelajaran di era modern yang disukai anak anak, berkolaborasi dengan teman sejawat dan orang tua siswa

  1. Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda?Dalam materi kali ini saya sangat tertarik karena bisa memberikan solusi pada permasalahan yang saya hadapi di kelas, dengan materi pembelajaran  diferensiasi ini kita bisa  mengidentifikasi  kebutuhan belajar murid dengan melihat kesiapan belajar siswa, pemetaan minat kemampuan siswa dan profil belajar siswa. Bila itu diterapkan maka pembelajaran sangat mudah dilaksanakan, selain itu pemberian tugas yang fleksibel dan siswa bisa belajar sesuai keinginan dan bakatnya tanpa ada paksaan dalam belajar. Saya sangat tertantang untuk dapat melaksanakan pemetaan tersebut supaya dalam melaksanakan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan rencana dan seluruh kebutuhan murid dapat diwujudkan oleh guru.
  2.  Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan? hal hal yang menurut saya sulit yaitu: Mengenali kebutuhan belajar murid. dengan jumlah siswa yang dalam kelas besar dengan beraneka ragam latar belakang, tentunya perlu waktu yang ekstra bagi seorang guru untuk mengenali kebutuhan belajar muridnya, bagaimana mendesain variasi pembelajaran yang dapat memenuhi semua kebutuhan murid tersebut . jika hanya satu atau beberapa mungkin murid mungkin masih bisa, tapi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan seluruh siswa itu yang masih membuat saya ragu dan perlu bantuan guru lain. sistem kurikulum yang diterapkan hanya mengarah pada hasil akhir pedagogik aspek pengetahuan, dan saat ini masih berdasarkan angka, sedangkan yang diharapkan dalam pembelajaran berdiferensiasi proses dan produk pun jadi bagian dalam pembelajaran iniPemahaman orang tua bahwa belajar itu bersumber dari buku, padahal sumber belajar bisa dari mana saja. 

  3. Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut. untuk dukungan yang sangat diperlukan yaitu : kolaborsi dengan orang tua murid untuk pemetaan kebutuhaan siswa, teman sejawat dan dukungan kepala sekolah untuk saling menguatkan agar bisa menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, arahan dari pengawas dan dinas pendidikan yang terkait. tersedianya fasilitas pembelajaran dan penilaian yang siap digunakan, dan juga perlu adanya sosialisasi pada semua kalangan pendidik sehingga memiliki pemahaman yang menyeluruh melalui KKG

Komentar